RSS

Karzai minta Nato lepas tujuh wilayah

Pasukan Nato selain menjaga juga melatih kemampuan tentara Afghanistan.

Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, menyatakan tujuh wilayah siap untuk diserahterimakan dari pasukan internasional kepada Afghanistan pada bulan Juli mendatang.

Ketujuh wilayah tersebut umumnya merupakan wilayah yang relatif aman dari serangan kelompok Taliban.

Karzai menyebutkan selain Kabul kota lainnya akan pengamanan dan pengawasannya akan diserahkan kepada pasukan Afghanistan adalah Panjshir, Bamiyan, Herat, Mazar-e-Sharif dan Mehtarlam.

Satu kota lainnya adalah Lashkar Gah yang merupakan ibukota provinsi yang selama ini dikenal cukup bermasalah, Helmand.

Serah terima sejumlah wilayah ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses transisi sebelum pasukan asing mengakhiri operasinya secara keseluruhan pada tahun 2014.

"Masyarakat Afghanistan tidak ingin pasukan asing bertanggung jawab lagi terhadap persoalan keamanan," kata Presiden Karzai.

Wartawan BBC di Kabul, Quentin Somerville mengatakan saat ini jumlah korban akibat serangan bersenjata masih terus meningkat namun tambahan pasukan Amerika Serikat dan juga sekitar sepuluh ribu anggota baru di tubuh kepolisian dan tentara Afghanistan telah mempengaruhi peningkatan keamanan di sejumlah wilayah negara itu. 

Meski demikian kekhawatiran terhadap aksi serangan Taliban tidak bisa lepas dari sebagian besar warga di sejumlah wilayah tersebut karena mereka masih beranggapan kemampuan tentara dan polisi Afganistan masih belum merata.

0 komentar:

Posting Komentar