RSS

kongres PSSI tak bisa hanya mengacu pada statua fifa

Bola.net - Anggota Komite Legal Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Syarif Bastaman, menegaskan bahwa Kongres PSSI tidak bisa dilaksanakan dengan semata-mata mengacu kepada Statuta FIFA, karena Statuta FIFA tidak mengatur pelaksanaan setiap kongres dari anggotanya, termasuk PSSI.
Kongres PSSI harus dilaksanakan berdasarkan Statuta PSSI yang isinya telah disetujui FIFA dan juga telah disahkan di Kongres PSSI yang lalu, sehingga sudah sah sebagai konstitusi PSSI, demikian pernyataan Syarif Bastaman seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Jumat.
Menyangkut soal pemilihan, harus diatur lebih jelas dalam Peraturan Organisasi (PO) yang materi dasarnya telah diberikan FIFA dalam buku atau himpunan regulasi yang disebut sebagai Standard Electoral Code PSSI.
Standard Electoral Code ini hanya menjadi acuan saja bagi PSSI dalam menyusun aturan dan tata-cara pemilihan.
Sementara itu, tim penyusun atau perumus draf Peraturan Organisasi (PO) atau electoral code untuk pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding serta Pemilihan Komite Eksekutif (Exco) PSSI 2011-2015 saat ini sudah menyelesaikan tugasnya.
Tim ini diketuai oleh Ibnu Munzir, dengan sekretaris CEO PT Liga Indonesia Djoko Driyono, serta delapan anggota, antara lain Muhammad Zein, Subardi, Ferry Paulus, Hinca Pandjaitan, Syarif Bastaman dan Gusti Randa.
Dengan pembentukan tim perumus PO untuk Pemilihan Anggota Komite Pemilihan, Komite Banding dan Exco PSSI periode 2011-2015 ini, maka otomatis PSSI menggugurkan keberadaan Komite Pemilihan dan Komite Banding sebelumnya.
Berikut tahapan jelang Kongres PSSI:
I. Kongres Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan pada 26 Maret 2011:
-7 hingga 19 Maret: Tim perumus PSSI bekerja membentuk Peraturan Organisasi (PO) sesuai dengan Statuta PSSI dan Electoral Code FIFA.
-19 Maret: PO akan didistribusikan kepada anggota PSSI pemegang hak pilih, termasuk pemberitahuan akan adanya Kongres pemilihan Komite Pemilihan dan Komite Banding. PO juga dikirimkan ke FIFA.
- 19-23 Maret: Proses pendaftaran bakal calon anggota Komite Pemilihan dan Komite Banding. Diumumkan pada 23 Maret.
-26 Maret: Kongres Pemilihan Komite Pemilihan dan Komite Banding.
II. Kongres Pemilihan Komite Eksekutif (Exco) PSSI
-29 Maret: Anggota pemilik suara dikirimi formulir untuk pencalonan ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI 2011-2015.
- 6 hingga 12 April: Pengumuman nama-nama yang masuk sekaligus proses verifikasi bakal calon Exco oleh Komite Pemilihan
- 12 April: Pengumuman calon Exco yang lolos verifikasi.
- 13 hingga 15 April: Pengajuan keberatan hasil verifikasi kepada Komite Banding.
- 19 April: Pengumuman hasil Komite Banding.
- 29 April: Kongres pemilihan ketua umum, wakil ketua umum dan sembilan anggota Exco PSSI 2011-2015. (ant/cax)

0 komentar:

Posting Komentar